Thursday, August 9, 2018

Pengertian dan Manfaat Brosur

Di artikel ini kami akan membahas mengenai pengertian dan manfaat brosur atau pamflet. Mengutip referensi dari Wikipedia, brosur atau pamflet bisa diartikan sebagai media yang dicetak dan selesai dalam satu kali proses pencetakan. Jika mengutip pengertian tersebut, tentunya kita bisa mengetahui bahwa brosur itu berupa lembaran kertas, baik hitam putih maupun berwarna yang selanjutnya digunakan untuk kebutuhan tertentu, terutama memperkenalkan serta mempromosikan produk.

Sedangkan manfaat umum dari brosur atau pamflet itu adalah sebagai media untuk memperkenalkan sebuah atau beberapa produk. Selain itu brosur juga memiliki sifat mengikuti, artinya brosur yang dibuat sangat rentan terkena kadaluwarsa. Hal ini disebabkan oleh produk, jasa atau layanan yang dipromosikan bisa berubah seiring perubahan waktu, bahkan dalam beberapa hari sebuah perusahaan bisa mengeluarkan brosur baru saat mereka mengeluarkan produk atau layanan baru. Itulah sebabnya pihak yang membuat brosur itu akan mencetak brosur dalam proses sekali cetak alias tidak berkelanjutan, sebab semuanya ditentukan oleh produk yang dipromosikan.

Untuk membantu anda memahami manfaat brosur, kami akan membaginya menjadi beberapa section, yakni :

1. Manfaat brosur untuk bidang pendidikan
2. Manfaat brosur untuk bidang kesehatan
3. Manfaat brosur untuk bidang pariwisata
4. Manfaat brosur untuk bidang komersial

Dan berikut ini adalah penjelasan rinci mengenai poin-poin di atas :

1. Manfaat Brosur Untuk Bidang Pendidikan

Selain bermanfaat untuk memperkenalkan produk yang sifatnya dikonsumsi/dipakai, brosur juga banyak digunakan untuk mempromosikan produk uncosumable, misalnya sebuah sekolah membuat brosur untuk menjaring calon siswa baru. Brosur sekolah tentunya akan mudah ditemukan di lokasi yang dekat dengan sekolah tersebut, meskipun tak jarang brosurnya menjangkau lokasi yang lebih jauh dengan memanfaatkan para alma mater di luar daerah yang pulang kampung.

Selain sekolah, brosur juga banyak dimanfaatkan oleh perguruan tinggi dan universitas, dari mulai yang terkenal maupun kurang terkenal. Tujuannya tidak jauh berbeda dengan brosur sekolah, yakni untuk menarik minat sekaligus menjaring mahasiswa baru. 'Produk' yang diperkenalkan oleh perguruan tinggi atau universitas dalam brosur biasanya jurusan, baik jurusan lama maupun jurusan baru, fasilitas yang dimiliki, biaya pendaftaran, proses pendaftaran, biaya semester dan kualifikasi calon mahasiswa serta spesifikasi tenaga pengajar atau dosen.

2. Manfaat Brosur Untuk Bidang Kesehatan

Di bidang kesehatan, brosur atau pamflet banyak sekali dimanfaatkan oleh rumah sakit, puskesmas, perusahaan asuransi bahkan pemerintahan yang mengkhususkan diri di ranah kesehatan. Kami mengajak anda untuk mengingat kembali kapan terakhir kali anda berkunjung ke rumah sakit atau kapan rumah anda didatangi oleh agen asuransi kesehatan.

Kami merasa yakin bahwa anda pernah mendapatkan brosur yang berisi deskripsi produk seperti tarif rawat inap, cara mendaftar di poliklinik hingga fasilitas yang disediakan oleh sebuah rumah sakit. Selain itu kami juga yakin bahwa anda yang pernah dikunjungi oleh seorang agen dari asuransi kesehatan akan mendapatkan lebih banyak informasi dari agen tersebut ketimbang informasi yang ada di dalam brosur yang diberikan.

3. Manfaat Brosur Untuk Bidang Pariwisata

Suatu hari kami merencanakan ingin pergi ke Malang dalam rangka melepas lelah, tapi saat itu kami kesulitan mendapatkan informasi dikarenakan akses internet yang belum merata. Alhasil kami pun mengunjungi seorang teman yang menjalankan bisnis perjalanan (travelling) untuk mendapatkan informasi seputar pariwisata di Kota Apel tersebut.

Hasilnya ? Alhamdulillah teman kami bisa membantu menjelaskan mengenai apa saja yang harus kami persiapkan, dana yang diperlukan, tempat menginap yang nyaman serta tentunya hotspot pariwisata yang nyaman di hati serta di kantong. Selain itu juga beliau memberikan kami beberapa brosur yang berasal dari rumah makan dan penginapan serta hotel untuk membantu kami memilih yang terbaik sesuai dengan kemampuan kami saat itu.

Brosur yang diberikan oleh rumah makan (restoran), penginapan dan hotel memang lebih eksklusif jika dibandingkan dengan brosur yang berisi produk komersil. Alasannya karena mereka tahu bahwa orang-orang yang memiliki tujuan berwisata biasanya akan menyediakan dana cadangan 'agak lebih' supaya kenyamanan mereka selama jalan-jalan tidak mengalami kekecewaan.

Brosur yang dikeluarkan oleh hotel juga bisa dikategorikan sebagai brosur produk meskipun usaha mereka cenderung masuk kategori jasa. Hal ini disebabkan mereka tidak hanya melayani orang yang menginap, tetapi seringkali mereka menjalin koordinasi dengan pihak travel guide, restoran dan alat transportasi seperti perahu, sepeda motor, mobil bahkan kapal pesiar. Sehingga jangan heran jika anda mendapatkan brosur dari hotel biasanya akan mendapatkan banyak sekali informasi, bahkan anda akan mendapatkan minimal 2 brosur, setidaknya itu pengalaman kami.

Kami juga sedikit menggarisbawahi mengenai brosul hotel, terutama hotel yang memberikan fasilitas sarapan, makan siang dan makan malam. Mereka tidak akan mencantumkan tarif atas menu makanan yang ada di brosur. Itu artinya anda harus berhati-hati, sebab mereka akan mengkalkulasi tarif menginap dan harga makanan selama anda menginap, dan hal ini perlu anda tanyakan sebelum anda memesan kamar. Karena setahu kami fasilitas makan siang dan makan malam itu belum termasuk biaya inap, kalau sarapan biasanya sudah termasuk dengan tarif menginap.

Selain rumah makan dan hotel, brosur di bidang pariwisata juga banyak digunakan oleh pihak yang menyediakan jasa money changer, hal ini dilakukan karena mereka sadar bahwa para wisatawan itu tidak hanya wisatawan lokal saja, tetapi berasal dari luar negara juga. Dalam brosur tersebut mereka akan mencantumkan rate nilai tukar untuk setiap mata uang yang mereka layani.

4. Manfaat Brosur Untuk Bidang Komersial

Jika kita pernah berkunjung ke pusat perbelanjaan atau mall, maka kita akan dengan mudah menemukan bahkan mendapatkan brosur, mulai dari brosur makanan, brosur kesehatan, brosur pakaian, brosur produk kecantikan dan lain sebagainya. Brosur-brosur tersebut biasanya bisa diperoleh secara gratis, bahkan banyak sekali beberapa toko atau perusahaan yang sengaja memanfaatkan jasa sales promotion girl untuk sekedar membagi-bagikan brosur yang berisi produk masing-masing. Tujuannya sudah jelas, yakni supaya orang (pihak) yang mendapatkan brosur tersebut tertarik kemudian membeli produk atau jasa yang mereka miliki.

Lalu bagaimana dengan manfaat brosur yang isinya berupa katalog produk ? Anda tidak perlu bingung, karena manfaatnya pun tetap sama, yakni untuk menarik minat calon pembeli, bisa juga digunakan untuk memperkenalkan produk dan layanan baru, bahkan tak jarang promo diskon pun disertakan untuk lebih menarik minat para calon pelanggan atau pembeli. Brosur seperti ini bisa dengan mudah ditemukan di toko-toko retail, seperti pertokoan yang menyewa tempat di mall, minimarket hingga perusahaan pribadi. Untuk anda yang sering berbelanja ke dua minimarket terkenal di Indonesia tentunya suka diberikan brosur produk secara gratis sebelum melakukan pembayaran, mereka memberikan brosur tersebut dengan harapan anda akan tertarik dan kemudian kembali lagi untuk membelinya.

Brosur di bidang komersial pun rata-rata bahannya terbuat dari bahan kertas biasa, hal ini dilakukan untuk menekan biaya promosi. Sebab dalam brosur ini rata-rata akan memuat banyak sekali produk, meskipun tidak harus selalu memajang banyak informasi dan gambar produk.

Dengan biaya promosi (termasuk biaya pembuatan brosur) yang lebih sedikit maka perusahaan-perusahaan dan toko ritel bisa mencetak brosur dalam jumlah sangat banyak, itu artinya mereka juga bisa menjangkau calon pembeli yang lebih banyak.

Itulah secuil informasi dari kami mengenai pengertian dan manfaat brosur. Untuk anda yang membutuhkan cara mendesain brosur ataupun contoh brosur, kami persilahkan menyimak artikel lain yang kami sediakan di blog ini.
No comments:
Punya pertanyaan saran, kritik, ide atau kontribusi lainnya? Silahkan bubuhkan di kolom komentar yang kami sediakan.