Thursday, August 9, 2018

Cara Mendesain Brosur Dengan Photoshop

Setelah membahas mengenai cara membuat brosur mulai dari tahap ide sampai proses pencetakan, maka kami akan menjelaskan secara lebih rinci salah satu poin dalam artikel tersebut, yakni mengenai cara mendesain brosur.

Di artikel tersebut kami menyebutkan beberapa aplikasi yang sering digunakan oleh para desainer grafis untuk mendesain brosur, salah satunya Adobe Photoshop.

Kenapa kami memilih Adobe Photoshop sebagai aplikasi untuk mendesain brosur ? Jawabannya adalah karena kami merasa memiliki sedikit keterampilan ketika bekerja di salah satu studio foto dan percetakan di Jakarta dan Tangerang.

Note : Tutorial ini akan berisi tahapan yang dilakukan untuk mendesain sebuah brosur A4 dengan jenis 3 lipatan dengan posisi landscape.

Berikut ini adalah beberapa tahapan yang sebaiknya anda lakukan ketika mendesain brosur menggunakan Adobe Photoshop :

1. Membuat Sebuah File Baru Berukuran A4

Untuk membuat file baru di Photoshop silahkan klik menu File kemudian pilih New. Pada jendela New, silahkan isi nama dokumen sesuai dengan kebutuhan atau bisa juga membiarkannya. Setelah itu silahkan pilih International Paper pada Document Type, pilih A4 pada Size dan isikan 300 pada Resolution. Untuk lebih jelasnya silahkan simak gambar di bawah ini :
Cara Mendesain Brosur Dengan Photoshop
Setelah anda mengisi beberapa parameter untuk file baru tersebut, silahkan tekan OK, dan tunggu hingga Photoshop membuatkan sebuah file baru untuk anda.

2. Mengubah Posisi Dokumen Menjadi Landscape

Setelah file baru dibuat oleh, maka anda perlu mengubah posisi dokumen menjadi landscape. Untuk mengubah dokumen tersebut silahkan klik menu Image, pilih Image Rotation kemudian pilih 90° Clockwise atau 90° Counter Clockwise.
Cara Mendesain Brosur Dengan Photoshop
Jika dokumen sudah berubah menjadi landscape, maka selanjutnya silahkan simak langkah ke-3 di bawah ini.

3. Menambah Guide ke Dalam Dokumen

Guide dalam proses desain brosur yang kita buat akan digunakan sebagai pemandu sekaligus patokan supaya kita tidak harus mengira-ngira ukuran tiap lipatan. Dikarenakan kita akan membuat brosur sebanyak 3 lipatan, maka silahkan tambahkan/masukkan garis guide melalui menu View, pilih New Guide Layout.

Pada jendela New Guide Layout, isikan 3 pada Number yang berada di Columns, jangan lupa untuk menghilangkan centang pada Rows. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini :
Cara Mendesain Brosur Dengan Photoshop
Selanjutnya tekan OK, maka anda akan melihat 5 garis vertikal berwarna biru yang bisa dijadikan sebagai indikasi bahwa dari 5 garis tersebut akan menghasilkan 3 kolom.

Garis guide ini akan sangat membantu kita menambahkan berbagai elemen seperti gambar maupun teks yang akan menjadi bagian dari brosur.

4. Menambahkan Gambar ke Dalam Lembar Kerja (Dokumen)

Silahkan pilih sebuah atau beberapa gambar yang anda rasa akan dijadikan sebagai background untuk brosur. Dalam contoh kali ini kami akan memasukan sebuah gambar abstrak, beberapa elemen teks dan juga shape, silahkan lihat gambar di bawah ini :
Cara Mendesain Brosur Dengan Photoshop
Elemen teks dan shape digunakan untuk mempercantik desain, menyampaikan informasi dan mempertegas tujuan anda/perusahaan anda. Saat anda sudah merasa bahwa desain brosur yang dibuat sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan anda, maka silahkan Save dokumen tersebut ke dalam format PSD dan JPG. Kedua file tersebut nantinya bisa anda bawa ke pihak percetakan, anda juga bisa meminta saran kepada pihak desainer yang bekerja di percetakan untuk menata ulang hasil desain anda sebelum brosur di cetak.

Untuk anda yang membutuhkan sample ini silahkan mengunduhnya melalui link download yang kami sertakan.

Itulah panduan singkat dari kami mengenai cara mendesain brosur menggunakan Adobe Photoshop. Semoga tutorial ini bisa memberikan manfaat sekaligus menjadi referensi untuk anda yang ingin mendesain brosur di rumah. 
No comments:
Punya pertanyaan saran, kritik, ide atau kontribusi lainnya? Silahkan bubuhkan di kolom komentar yang kami sediakan.